.:: SHADOW OF HEISEI ::.


SIAPAKAH SEBENARNYA PELAKU G30S/PKI ?
June 10, 2009, 5:40 pm
Filed under: Uncategorized | Tags:

SIAPAKAH SEBENARNYA PELAKU G30S/PKI ?

Saya mencari informasi tersebut melalui internet, karena informasi-informasi yang ada di internet lebih beragam dan lebih mudah dicari. Berikut beberapa informasi yang saya temukan:

Menurut DetikForum

Dari sebuah polling, ada pertanyaan “Siapakan sebenarnya pelaku G30S/PKI?”. Berikut hasil polling tersebut,

  1. Soeharto (73 vote)
  2. CIA (36 vote)
  3. PKI (22 vote)
  4. Soekarno (4 vote)
  5. TNI-AD (3 vote)
  6. lainnya (9 vote).

Berdasarkan hasil polling ini, mayoritas menunjuk Soeharto-lah pelaku G30S/PKI yang sebenarnya. Menurut salah seorang poster dalam forum tersebut, Soeharto adalah anak emas dari CIA, sehingga kita bisa mengaitkan antara Soeharto dengan CIA. Kemudian saya tertarik untuk mengetahui penyebabnya lebih lanjut, kemudian menemukan,

Menurut masawep.multiply.com

Adapun pemaparan baru tentang fakta dan opini dibalik G30S/PKI itu, ingin merubah total peran dan posisi Soeharto terhadap G30S/PKI yakni sebagai pemberantas yang cekatan dan jitu menjadi terlibat atau tersangka.

Fakta-fakta tersebut antara lain:

  1. Pengakuan Kol. A. Latief (gembong PKI) bahwa dua kali ia memberitahukan kepada Soeharto tentang rencana penindakan terhadap sejumlah jenderal. Dalam bahasa laten menghadapkan Dewan Jendral kepada Presiden. Namun Soeharto yang saat itu Panglima Kostrad tidak mengambil inisiatif melapor kepada atasannya. Dia diam saja dan hanya manggut-manggut mendengar laporan itu. Latief menginformasikan rencana penindakan terhadap para Jederal itu dua hari sebelum hari H.
  2. Fakta bahwa sebagai perwira tinggi dengan fungsi pemandu di bawah Pangab Jederal A. Yani, Soeharto tidak termasuk sasaran G30S/PKI. Ini bisa dipertanyakan, mengingat strategisnya posisi Kostrad apabila negara dalam keadaan bahaya. Kalau betul Soeharto tidak berada dalam Inner Cycle gerakan, kemungkinan besar ia termasuk dalam daftar korban yang dihabisi malam tersebut.
  3. Hubungan emosional cukup dan amat dekat Soeharto dengan para pelaku PKI yakni Untung dan Latief sedangkan sjam termasuk kolega Soeharto di tahun-tahun sesudah proklamasi.
  4. Menurut penuturan Mayjen (Purn) Musrjid 30 September malam menjelang 1 Oktober 1965 itu pasukan Yon 530/Brawijaya berada di sekitar Monas. Padahal tugas panggilan dari Pangkostrad Mayjen Soeharto adalah untuk defile 5 Oktober.
  5. Mayjen (Purn) Suharjo, mantan Pangdam Mulawarman yang sama-sama dalam tahanan dengan Mayor (Purn) Soekardi, eks Wadan Yon 530/Brawijaya menceritakan bahwa surat perintah dari Pangkostrad kepada DanYon 530 itu dalam rangka penugasan yang disinggung Jederal Mursjid tadi, ternyata kemudian dibeli oleh Soeharto seharga 20 juta.
  6. Ratn Sari Dewi (mantan istri Bung Karno) pernah menyatakan: “sejak pagi 1 Oktober Soeharto sudah propaganda bahwa pelakunya PKI, sepertinya dia sudah tahu semua seakan telah direncanakan. Yang menjadi pertanyaan, bagaimana ia bisa menguasai Indonesia? Harus diingat sistem komunikasi saat iu belum lancar.  Bagaimana dia bisa memecahkan masalah yang terjadi malam 30 September dan segera bertindak begitu cepat? Kalau belum tahu rencana G30S/PKI ia tidak mungkin bisa melakukannya…”
  7. Soeharto juga mempunyai hubungan dengan CIA. Hal ini terbukti dengan adanya satu kompi batalyon 454 Diponegoro Jawa Tengah dan satu kompi Batalyon 530 Brawijaya Jawa Timur, yang secara terselubung digunakan Soeharto sebagai penggerak sekaligus penumpas G30S/PKI, ternyata merupakan pasukan raider elite yang menerima bantuan AS sejak 1962. Lebih dari itu penggerak Gestapu itu ternyata pernah dilatih di AS.

Tulisan yang berada di blog tersebut cukup meyakinkan untuk dijadikan kesimpulan, karena ternyata sang penulis mendapatkan informasi tersebut dari berbagai sumber, seperti yang tertulis di dalam Daftar Pustaka-nya.

Menurut Buku Sukarno : berkas-berkas soekarno 1965 – 1967 yang ditulis oleh Antonie Dake, Soekarno adalah pelaku dari G30S/PKI. Menurutnya Soekarno adalah mastermind kudeta 1 Oktober 1965. CIA maupun Mayjen Soeharto kala itu tidak memiliki keterkaitan yang kuat. Dake adalah seorang  akademisi Belanda yang memeroleh gelar PhD di bidang ilmu politik di Universitas Freire, Berlin.

Sementara itu, ketika saya membandingkan informasi yang saya dapatkan dari internet dengan informasi yang terdapat di dalam Buku Pelajaran Sejarah XI IPA SMA, pelaku dari G30S/PKI adalah PKI, yang dipimpin oleh Aidit dan Latief.

Karena masih merasa penasaran dengan pelaku sebenarnya dari gerakan G30S/PKI saya menjajaki internet lebih dalam, terutama dalam DetikForum. Topik bahasan mengenai pelaku G30S/PKI telah mencapai berhalaman-halaman, saya membacanya dan menemukan berbagai pendapat mengenai keterkaitan yang kuat antara PKI, TNI-AD, Soeharto dan CIA mengenai G30S/PKI.

About these ads

3 Comments so far
Leave a comment

makasih deh , bisa membaca dari halaman ini

Comment by martanto

sama2

Comment by Fafa

dapat alasan siapa pelaku dan alasannya gimana ??

Comment by pha z bole...




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: